Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA ROOT HP SAMSUNG A10 DAN TWRP RECOVERY TESTED

CARA ROOT MAGISK & PASANG TWRP DI SAMSUNG A10

CARA ROOT MAGISK & PASANG TWRP DI SAMSUNG A10

Apa kabar teman-teman semua muda-mudahan sehat selalu ya

Kali ini saya akan berbagi Tutorial cara root magisk dan pasang twrp di HP SAMSUNG A10
Meski panjang dan rumit namun perkara cara masang custom recovery dan roting hp samsung a10 bukan perkara yang sulit.

Meski demikan perlu ketelitian mendalam dalam melakukannya,bila tidak teliti dalam pengerjaannya maka resikonya hp kita akan mengalami bootloop atau kerusakan yang lainnya.

Manfaat root dan custom recovery/twr itu sendiri banyak manfaat dan resikonya.
Untuk itu sebelum memutuskan ingin melakukannya sebaiknya pertimbangkan kembali terlebih dahulu.

Sebelum melakukan root dan pasang twrp sebaiknya backup terlebih dahulu data-data yang ada di hp kalian sepeti video,fhoto,kontak telpon dan yang lainnya,bisa memindahkan terlebih dahulu ke komputer atau laptop,atau bisa juga di pindahkan terlebih dahulu ke dalam memory external/sdcard.

karna ketika akan melaku root dan pasang twrp ini data di hp kalian akan terhapus semua yang ada di dalam memory internal.

MANFAAT DAN RESIKO ROOT & PASANG TWRP

MANFAAT

  • Pasang cuntom room via twrp
  • Flash berbagai file mod zip
  • Flash modul xposed
  • Flash file gambar
  • Melakukan root & unroot
  • Backup & Restor ROm/systeam/Nandroid
  • Factory reset/hard reset
  • Wipe data,cache,dan dalvik
  • Akses semua file yang ada di direktori root perangatkan
  • Meningkatkan kinerja melalui overclocking
  • Menghemat daya baterai dengan melakukan underclocking
  • Hapus aplikasi bawaan pabrik/bloatware
  • Dapat memblokir iklan yang sering muncul
  • Melihan,mengedit,atau menghapus file sisteam apa pun di dalam direktori root
  • Ruang penyimpana lebih lega.

RESIKO

  • Sisteam keamanan lemah sehingga mudah terserang virus/malware
  • Garansi toko/resmi hilang
  • Menyebabkan kerusakan peda perangkat
  • Dapat mengakibatkan bootloop stuck logo
Nah bila kalian sudah siap akan resiko melakukan root dan pasang twp di samsung a10 ini mari kita ketahap selanjutnya.

Untuk hp samsung a10 yang saya gunakan di sini menggunakan android versi 9/10 dan frimware yang saya gunakan adalah  A105GDXU7BTJ4

Untuk file bahan-bahannya silakan download di bawah ini.
Magisk
Odin v3

samsung driver

Twrp A1056 U7 (android 9/10)

Untuk twp yang versi berbeda silakan unduh di bawa h ini.

Untuk melakukan root dan pasang twrp ini diharuskan hp sudah terunlock bootloadernya atau ubl terlebih dahulu.

Cara unlock bootloader/Ubl samsung A10

Sebaiknya sebelum melakukan unlock bootloader ini hapus terlebih dahulu akun google atau akun gmailnya,atau silakan catat terlebih dahulu akun googlenya email beserta sandinya.
Untuk mengantisipasi bila hp tersebut meminta akun google dan supaya tidak terkunci akun google.

1.Masuk kepengaturan di hp samsung kalian kemudian pilih tentang ponsel pilih kembali info perangkat lunak ketuk 5x atau 6x pada bagian nomer versi sampai mucul keterangan pada layar hp kalian Mode pengembang telah aktif.



2.Kembali lagi ke menu pengaturan,masuk kembali ke pilihan pemengembang kemudian aktifkan Debugging usb dan aktifkan juga Buka kunci OEM.
Bila Buka kunci OEM tidak ada,silakan kalian sambungkan terlebih dahulu hp nya kejaringan internet bisa menggunakan jaringan wi-fi atau data seluler ubah tanggal dan tahun di hp kalian di mundurkan saja tahunnya,kemudain silakan cek kembali apakah menu Buka kunci OEM sudah muncul bila sudah silakan nyalakan.




3.Matikan hp samsung kalian,siapkan kabel data usb dan komputer,tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol volume bawah secara bersamaan sambil sambukan hp ke komputer menggunakan kabel data usb,tekan dan tahan sampai mucul keterangan Warning pada layar hp kalian.

4.Cabut kembali hpnya dari komputer,kemudian tekan dan tahan tombol volume atas,Device unlock mode,bila muncul terengan kembali silakan tekan kembali tombol volume atas satu kali tanpa menahannya dan hp akan reboot secara otomatis.



5.Proses reboot disini memakan waktu cukup lama jadi tunggu saja.dan untuk data di hp pada proses unlock bootloader ini akan tehapus semua datadi hpkalian,untuk itu saya telah menyarankan sebelumnya bila ada file yang penting silakan di backup terlebih dahulu.

7.Dan bila muncul keterangan seperti pada gambar di bawah ini jangan panik,itu tandanya unlock bootloaeder sukses.


8.Tunggu hp reboot sampai masuk kembali kesetingan bahasa,bila sudah menyala seting hp seperti biasanya pilih bahasa dan yang lainnya.

9.Selesai.

Bila sudah terunlock bootloader maka kita ketahap selanjutnya yaitu cara root magisk dan pasang twrp pada samsung a10nya.

Cara root magisk dan memasang twp recovery custom pada hp samsung A10

1.Bila file nya sudah di unduh semua silakan simpan dalam satu folder supaya gampang mencarinya.

2.Silakan un-zip atau extra terlebih dahulu file odin dan Magisk nya yang berformat zip

3.Bila file magisk zip sudah di un-zip atau di extra maka akan menghasilakn kembali satu file zip dan satu file apk,copy kedua file tersebut magisk v20.4 dan magsik manger apk kedalam memory card/sdcard simpan di bagian luar jangan di dalam folder.

4.Instal samsung usb driver terlebih dahulu di komputer atau laptop kalian,bila sudah pernah menginstalnya silakan di skip saja bagian ini.

5.Buka folder odin yang sudah kalia un-zip tadi kemudaina jalankan file odin yang berformat exe klik dua kali pada mouse bila muncul keterangan dalam bahasa china klik Ok saja,pilih Options disebelah kiri kemudian hilangkan ceklis pada Auto Reboot nya



6.Di dalam menu odin akan terdapat menu yang bernama AP,klik pada bagian AP kemudian arahkan ke file twrp yang sudah kalian unduh tadi file tersebut berformat zip tidak usah di un-zip kemudian masukan pilih OK.



7.Matikan hp samsung kalian siapkan kembali usb kabel data,bila hp sudah benar-benar mati tekan dan tahan tombol volume bawah+tombol volume atas secara bersamaan sambil sambungkan kekomputer menggunakan kabel data sampai muncul kembali Warning kemudian tekan volume atas satu kali,dan hp akan masuk ke mode download.



8.Masuk kembali ke odin tool dan cek disebalah kiri atas akan ada tulisan COM itu tandanya hp sudah terbaca di odin,bila tidak ada tulisan COM itu tandanya hp belum terbaca di odin nya silakan pastikan kembali apakah sudah benar menginstal samsung usb drivenya.



9.Pilih Start untuk memulai flashnya,proses pemasangan twr di sini sangat cepat ya,bila sudah sukses maka akan ada keterngan pada odinnya PASS! di bagian atas kiri.



10.Cabut hp dari komputer dan masi dalam mode download,tekan dan tahan tombol volume atas+tombol power secara bersamaan ketika hp mati/blank hitam pindahkan jari dari tombol volume bawah ke tombol volume atas dengan tetap menekan tombol power,bila hp sudah menyala kembali lepaskan tombol power dengan tetap menekan tombol volume atas sampai masuk ke menu twrp.harus di perhatikan dengan cermat kalo gagal silakan ulang kembali dari poin nomer 6

11.Bila sudah masuk ke menu twrp silakan ceklis  pada bagian never show this screen during boot again dan swipe ke kanan.



12.Pilih menu Mount dan hilangkan ceklis nya,bertujuan untuk permanenkan twrp.

13.Pilih menu wipe pilih kembali format data dan ketikan Yes dan proses wipe data akan berlangsung sampai muncul keterangan done kemudian kembali.

14.kemudian pilih Reboot dibagian bawah pilih kembali recovery dan pilih Do not instal tunggu hp akan reboot dan masuk kembali ke recovery.

15.Bila sudah masuk kembali ke twrp pilih Instal pilih Select Storage pilih Sdcard/memory card dan cari file magisk v20.4 yang sudah kalin copykan tadi ke dalam sdcard pilih dan swipe ke kanan untuk menginstal bila sukses menginstalnya maka akan ada keterangan done,pilih kembali reboot systeam now dan pilih Do not Instal hp akan reboot.



16.Tunggu sampai hp reboot dan masuk kemenu,proses reboot disini lumayan cukup lama jadi tunggu saja.

17.Bila hp sudah menyalakembali silakan seting bahasan dan yang lainnya seperti biasa.

18.Buka aplikasi magisknya bila terdapat pembaruan pada aplikasinya silakan perbarui saja.

19.Selesai.

mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat buat sahabat semua,bila ada yang di tanyakan silakan tinggalkan saja komentar di bawah ini.

Post a Comment for "CARA ROOT HP SAMSUNG A10 DAN TWRP RECOVERY TESTED"