Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara flash samsung a30 bootloop tested


Mengatasi masalah hp samsung A30 stuck logo atau bootloop.

Untuk pengguna hp android pasti pernah mengalami masalah yang di sebut dengan bootloop atau stuck logo tidak sampai kemenu.

Biasanya masalah stuck di logo ini bisa di sebabkan terlalu banyak file aplikasi yang menumpuk yang menjadikan memory internal penuh dan akan menyebabkan stuck logo,bisa juga disebabkan dari malware atau virus,sistem yang corup dan masi banyak lagi.

Untuk kerusakan stuck logo ini tidak semua kerusan ada pada bagian software bisa juga di sebabkan pada bagian hardwarenya atau dari mesinya,terutama untuk hp samsung yang baru untuk seri A series.

Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu memperbaiki bagian software dengan cara melakukan flash pada hp tersebut,sebelum lanjut ke penanganan lebih lanjut pada bagian mesin.

nah untuk itu di sini saya akan berbagi tutorialnya cara flash samsung A30 yang stuck di logo atau bootloop.

Keuntungan melakukan flash pada hp android.

  • Mengatasi malware atau virus.
  • Mengatasi stuck di logo atau bootloop
  • Mengatasi memory internal yang penuh hard reset.
  • Mengatasi masalah aplikasi sering berhenti sendiri.
  • Mengatasi masalah masalah sinyal
  • Mengatasi masalah imei yang hilang atau Null
  • Mengatasi masalah terkunci pola atau passcode
  • dll
Untuk resikonya ketika kalian akan melakukan flash maka kalian harus siap akan kehilangan data-data atau file yang ada di dalam hp kalian akan terhapus semua seperti fhoto,video,kontak,dlll .
terkecuali file tersebut sebelumnya pernah kalian simpan di dalam memory external.

Bila sudah siap untuk kehilangan data-data kalian mari kita ketahap selanjutnya cara flash samsung A30 nya.

Kita kerjaan dulu hal yang palih mudah,silakan kalian coba terlebih dahu wipe data lewat recovery mode.

cara masuk kemenu recovery mode samsung A30

1.Biasanya ketika hp samsung seri A30 ini stuck logo tidak bisa di matikan dengan tombol power saja maka cara masuk kerecovery mode adalah dengan menekan tombol volume bawah+tombol power secara bersamaan,ketika hp blank hitam mati lepaskan tombol volume bawah lalu pindahkan jari kalian ke tombol volume atas dengan tetap menekan tombol power.

2.Maka akan muncul keterangan NO command tunggu sampai masuk ke recovery mode.

3.Bila sudah masuk kerecovery mode,geser menggunakan tombol volume bawah kemudian pilih wipe data/factory reset kemudian tekan power satu kali kemudian pilih Yes



4.Bila wipe data selesai maka akan ada ketangan data wipe compele.

5.Pilih kembali reboot system now,dan hp akan otomatis reboot.

6.Tunggu saja proses reboot 5-10 menit bila lebih dari itu dan hp masi stuck di logo maka silakan untuk ketahap selanjutnya yaitu melakukan flashing

Cara flash samsung A30 stuk logo.

Bila ingin melakukan flashing maka harus di siapkan terlebih dahulu alat dan filenya.
Silakan siapkan terlebih dahulu komputer atau laptop siapkan juga kabel data usb yang bagus.

Siapkan juga filenya silakan unduh di bawah ini untuk file yang akan kalian gunakan.
  • Firmware samsung A30
  •            Unduh
  • Odin v3.14.4
  •            Unduh
  • Samsung usb driver
  •            Unduh

1.Jika semua file sudah di unduh kemudian satukan dalam satu folder untuk bertujuan supaya gampang ditemukan

2.Un-zip atau Extra untuk firmware samsung A30 nya di komputer kalian klik kanan pada komputer kemudian Extra here maka akan menghasilkan beberapa file nantinya.


3.Un-zip juga atau Extra odinnya setelah di exta kemudian jalankan odinya yang file exe.


4.Instal juga samsung usb drivernya pada komputer kalian,tinggal klik dua kali pada samsung drivernya lalu pilih next saja,bila sudah pernah menginstalnya silakan di skip saja bagian ini.

5.Buka odinnya bila muncul keterangan bahasa china pilih OK saja,di dalam menu odin terdapat menu BL,AP,CP,CSC dan USER DATA namun file yang di masukan cukup empat saja untuk USER DATA tidak perlu di isi.



6.Cara memasukannya silakan pilih BL terlebih dahulu kemudain arahkan ke firmware samsung a30 tadi yang sudah kalian extra kemudian masukan file yang awalannya bernama BL juga,dan begitu seterusnya masukan juga file AP,CP,dan CSC.



7.Bila file sudah semua di masukan kedalam menu odin tinggalkan dulu odinya tetapi jangan di close,siapkan hp samsung a30 nya posisi hp masi stuck logo silakan sambungkan hp ke komputer hp tersebut menggunkan kabel data usb,kemudian tekan dan tahan tombol volume bawah+tombol power secara bersamaan ketika hp mati lepaskan tombol power kemudan pindahkan jari ke tombol volume atas dengan tetep menekan tombol volume bawah tunggu sampai muncul menu warning kemudian lepaskan kedua tombol tersebut,kemudian tekan tombol volume atas satu kali continue 



8.Masuk kembali ke odin dan cek di sebalah kiri atas akan ada tulisan COM itu tandanya hp sudah terbaca di odin,bila tidak ada tulisan COM maka hp tersebut belum terbaca di odin silakan cek kembali apakah sudah terinstal dengan bener samsung usb drivenya dan silakan instal kembali samsung usb drivernya.



9.Selanjutnya pilih start untuk memulai flashingnya,tunggu proses flash sampai selesai biasanya proses flash disini bisa memakan waktu lumayan cukup lama jadi tunggu saja.

10.Bila flashing telah selesai maka akan muncul keterangan di pagian kiri atas dengan tulisan PASS! itu tandanya flashing telah selesai dan hp akan otomatis restar.



11.Tunggu proset restar sampai selesai biasanya proses restar di sini paling lama akan memakan waktu sekitar 30 menit,untuk mengantisipasi kehabisan baterai silakan sambungkan kembali kekomputer menggunakan kabel data atau bisa sambil di cas.

12.Bila hp sudah masuk kembal kemenu dan pilihan bahasa itu tandanya flash berhasil,dan silakan seting seperti biasa pilih bahasa dan yang lainnya,sambungkan juga kejaringan internet bisa menggunakan jaringan wi-fi atau data seluler.

13.Selesai.

Catatan:bila flash sukses di odin ada keterangan PASS! akan tetapi hp masi stuck logo,biasanya kerusakan ini pada bagian hardwarenya atau dari mesinya.
Silakan bawa ketempat service terdekat atau bisa ke service center untuk melakukan pengecekan pada bagian mesin,terimakasih

semoga tutorial ini bermanfaat buat sahabat semua,untuk yang masi belum paham silakan tinggalkan saja komentar di bawah ini.

Post a Comment for "Cara flash samsung a30 bootloop tested"