Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA FLASH HP XIAOMI REDMI NOTE 9 VIA SPFLASHTOOL TESTED

CARA FLASH HP XIAOMI REDMI NOTE 9 TESTED

Cara mengatasi hp xiaomi redmi note 9 bootloop,stuck logo redmi,tidak bisa recevery,tidak bisa fastboot.

Cara mengatasi masalah hp xaomi redmi note 9 dengan kode name merlin stuck logo MI atau bootloop,Ketika hp android kesayangan kalian mengalami masalah stuck logo atau yang sering di sebut bootloop tidak mau masuk ke menu hanya diam saja di logo android,maka hal yang harus di lakukan terlebih dahulu adalah melakukan flash ulang atau instal ulang sistem softwarenya terlebih dahulu.

Biasanya masalah stuck logo pada android ini disebabkan beberapa faktor seperti,terlalu banyak aplikasi yang di unduh,terlalu banyak file yang tidak penting sehingga memori internal menjadi penuh,bisa juga karna masalah virus/malware,atau kemungkinan ic emmc sudah mulai melemah.

Maka kerjakanlah hal yang paling mudah terlebih dahulu seperti menginstal ulang perangkat tersebut dengan cara melakukan flashing memaksimalkan terlebih dahulu untuk bagian softwarenya,jika software dirasa sudah maksimal,maka silakan cek ketahap selanjutnya ya itu dengan mengecek lebih dalam pada bagian hardwarenya atau bagian mesinnya.

Tetapi untuk melakukan flashing pada sebuah hp android bisa dikatakan susah-susah gampang,pasalnya untuk melakukan flash pada sebuah hp android biasanya untuk hp seri terbaru akan membutuhkan sebuah tool kusus untuk melakukan aktivitas flashing tersebut,akan tetapi bisa saja tidak perlu memerlukan tool kusus hanya di butuhkan ketelitian saja ketika menjalannyakan.

Nah maka dari itu disini saya akan berbagi tutorial cara flash xiaomi note 9 dengan code name merlin,untuk melakuakan flash pada perangkat xioami note 9 ini tidak perlu membutuhkan tool yang berbayar cukup menggunakan tool yang sudah saya sediakan di bawah ini,hanya di butuhkan ketelitian saja ketika mengikuti turorialnya.

Silakan siapkan terlebih dahulu komputer atau laptop siapkan juga kabel data usb yang masi bagus,untuk bahan yang akan kalian gunakan silakan unduh di bawah ini,silakan unduh semua dan satukan dalam satu folder supaya lebih mudah mencarinya.

Jika bahanya sudah siap semua kita langsung ke tutorialnya.

Cara flash hp xiaomi redmi note 9

1.Satukan semua bahan yang sudah kalian unduh tadi dalam satu folder,kemudian un-zip/extra semua file nya,klik kanan pada mouse komputer kalian kemudian pilih extra here.

2.Seperti biasa instal terlebih dahulu MTK driver nya,buka folder mtk driver yang sudah kalian extra tadi kemudian klik dua kali pada file Mtk v1.0.14.exe kemudian tinggal di next-next saja.
(bila sudah pernah menginstal driver Mtk ini sebelunya silakan diskip saja bagian ini)

3.Intal juga Libusb win32 nya caranya sama tinggal di klik dua kali kemudian di next-next saja kemudian jalankan,kemudian pilih kembali install a device filter kemudain next kembali,lalu stanbykan di situ dan jangan di close.



4.Kemudian instal juga untuk Mtk bypass rev4 caranya sama tinggal di next-next saja,bila sudah terbuka stanbykan dan jangan di close.
(Bila MTK bypass rev4 tidak bisa di instal silakan matikan terlebih dahulu antivirus jika ada antivirus di komputer atau laptop kalian,matikan juga windows defender)

5.Buka folder sp_flash_tool yang sudah kalian extra tadi kemudian cari file flash_tool.exe kemudian klik dua kali bila muncul notifikasi seperti ini The scatter file cannot find,please make sure the file is exist before download abaikan saja pilih OK dan spflashtool akan terbuka,pada menu flashtool ini ada beberapa kolom yang nantinya akan kalian isi.

6.Di dalam menu flashtool ini ada tiga kolom seperti Downlaod-Agent,Scatter-loading File,Authentication File silakan isi kolom filenya satu persatu dengan memilih choose untuk mengisi filenya,namun yang diisi disini cuma dua file saja Downlaod-Agent dan Scatter-Loading File untuk Authentication File bisa di kosongkan saja.
  • Isi terlebih dahulu untuk file Downlaod-Agent pilih choose sebelah kanan dan kalian akan otomatis di arahkan langsung ke filenya kemudian pilih file yang bernama MTK_AllInOne_DA.bin.
  • Masukan juga file Scatter-loading File pilih kembali choose,untuk file ini arahkan ke folder firmware xiaomi redmi note 9 tadi yang sudah kalian extra masuk ke folder merlin_id_global > Images lalu pilih file yang bernama MT6768_Android_scatter.txt.
7.Kemudian hilangkan ceklis pada bagian preloader dan hilang ceklisnya juga pada bagian exaid,dan cust kemudian tinggalkan terlebih dahulu flashtoolnya tetapi jangan di close.





8.Hp dalam posisi menyala atau stuck logo redmi sambungkan ke komputer atau laptop kalian menggunakan usb kabel data,kemudian tekan dan tahan tombol volume atas+tombol bawah+tombol power secara bersamaan,jika hp sudah mati hilang logo redminya lepaskan tombol power dengan tetap menekan kedua tombol volume atas+tombol volume bawah,lalu masuk ke LIbusb maka di sana ada driver yang bernama MediaTek USB port kemudain klik driver tersebut lalu pilih instal,sampai muncul notifikasi libusb-win32 device filter successfully intsal for MediaTek USB port(usb/vid_0e8d&rev_0100).
Bila sudah terinstal pilih Ok kemudain pilih back dan pilih kembali remove a device filter untuk mengecek apakan usb driver MediaTek redmi note 9 ini sudah terfilter bila sudah maka akan ada driver usb yang bernama MediaTek usb port kemudian stanbykan disini.





Ingat pada bagian ini harus gerak cepat,dikarnakan driver dengan nama MediaTek USB port di menu Libusb jika tidak di klik instal dengan cepat maka harus di ulangi lagi sampai bener-benar MediaTek USB port ini terfilter dan terinstal jika gagal ulangi terus di bagian ini.

9.Selanjutkan masuk ke MediaTek bypass tool kemudian klik bypass terlebih dahulu sampai muncul Insaling driver okey,posisi hp masi tersambung ke komputer tekan dan tahan kembali tombol volume bawah+Tombol volume atas+tombol power bila sudah terbaca di MediaTek bypass tool lepaskan tombol power terlebih dahulu kemudian lepaskan semua tombol,maka di dalam MediaTek bypass tersebut hp akan terbaca Detect as Mediatek usb port (COM)
biasanya untuk COM ini ada nomer di belakangnya misalkan COM4,COM5,pasti akan berbeda-beda.



10.Masuk kembali ke flashtool nya kemudian seting terlebih dahulu flashtoolnya masuk ke menu Options pilih kembali connection dan pih UART untuk bagian Com port nya samakan dengan COM yang ada di MediaTek bypass tool yang tadi,misalkan di MediaTek bypass tool hp kalian terbaca COM2 maka pada bagian com portnya pilih COM2 untuk Baud rate pilih yang paling atas jika sudah close bagian Options ini.



11.Kemudian pilih downlaod untuk memulai flashingnya tunggun proses flashnya selesai,bila flash sukses maka akan muncul notifikasi Download OK itu tandanya flashing telah selesai.



12.Cabut hp dari komputer kemudian tekan tombol power aga lama untuk menyalakan jika sudah menyala tunggun proses loading sampai selesai biasanya akan memakan waktu kurang lebih 20 menit.

13.Jika hp sudah menyala sekarang pilih bahasan,pilih lokasi,dan yang lainnya seting seperti biasa.

14.Selsai

Jika masi ada yang belum paham silakan tanyakan,tinggalkan komentar di bawah ini.
Terimakasih.

3 comments for "CARA FLASH HP XIAOMI REDMI NOTE 9 VIA SPFLASHTOOL TESTED"

  1. Saya hilangkan centang exaid dan cust jadi kehilangan imei tidak di peroleh dan di WiFi connecting ada NVram warning: err= 0x10 cara ngatasinnya gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. repair imeinya gan,tutorialnya banyak di google

      Delete
  2. Sec img too large om, muncul gitu terus

    ReplyDelete